Jadwal Dokter Hermina Daan Mogot: Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan

Menjaga kehamilan agar terus sehat selama 9 bulan merupakan keharusan bagi para ibu hamil. Disamping juga harus memperhatikan kondisi kesehatan ibu hamil itu sendiri. Tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat secara teratur saja, banyak hal yang bisa Anda lakukan demi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Anda juga perlu melakukan beberapa hal yang disarankan oleh dokter kandungan demi kesehatan ibu dan janin. Selain itu juga rutin melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter di rumah sakit – rumah sakit pilihan Anda, seperti Rumah Sakit Hermina. Untuk jadwal dokter Hermina Daan Mogot dan daerah lainnya bisa mencari melalui internet.

Menjaga kesehatan ibu dan janin memang tidak mudah, karena ada dua orang sekaligus yang harus diperhatikan saat kehamilan. Namun Anda jangan berputus asa dan tetap berusaha agar kesehatan ibi hamil dan bayi tetap terjaga hingga hari kelahiran tiba. Untuk upaya yang bisa dilakukan dalam hal ini, berikut akan dibagikan beberapa tips yang bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Asupan makan yang bervariasi dengan gizi seimbang sangat diperlukan ibu hamil dan janin agar proses tumbuh kembangnya baik. Makanan bergizi juga berperan untuk menjag berat badan janin tetap sehat dan mencegah dari resiko bayi cacat lahir. Makanan bergizi yang harus dikonsumsi oleh ibi hamil, yaitu makanan yang berprotein, mengandung vitamin C, kalsium, zat besi, lemak, sehat, serta asam folat.

2. Mengkonsumsi vitamin prenatal.

Asupan nutrisi pada ibu hamil selain dicukupi dari makanan sehari-hari yang dikonsumsi, juga perlu ditambah dengan dukungan vitamin prenatal. Vitamin hamil biasanya mengandung asam folat, dari vitamin B. Dimana seperti yang kita ketahui, asam folat sangat bagus untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Selain itu juga bermanfaat untuk mencegah bayi cacat lahir. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai vitamin prenatal yang Anda butuhkan.

3. Olahraga secara rutin.

Olahraga berguna untuk melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat otot, dan mengurangi stress selama kehamilan. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya secara rutin. Beberapa jenis olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil, seperti yoga, renang, jalan santai, dll.

4. Berhenti merokok dan mengkonsumsi alcohol.

Untuk menghindari resiko buruk, seperti keguguran, bayi lahir prematur, lahir mati, lahir cacat, ataupun lahir dengan berat badan rendah, sebaiknya hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol.

5. Menjaga berat badan sehat.

Selama kehamilan, ibu hamil biasanya diminta untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Tujuannya selain untuk kesehatan, juga untuk menambah berat badan saat hamil agar ideal. Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan dan mengontrol berat badan yang ideal selama kehamilan

6. Menjaga stress dan istirahat cukup.

Stress berat yang dialami ibu hamil bisa berdampak pada perkembangan bayi dalam kandungan. Karena jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan keguguran saat hamil. Selain itu menjaga tidur dengan cukup juga penting dilakukan agar tidak mengalami komplikasi saat kehamilan.

7. Memeriksakan diri ke dokter kandungan secara rutin.

Tujuannya untuk memantau dan mengevaluasi apakah kesehatan ibu dan janin sudah berjalan baik atau belum. Serta mencegah dari kemungkinan buruk yang bisa terjadi selama kehamilan. Ketahui jadwal dokter Hermina Daan Mogot ataupun dokter rumah sakit lainnya, agar Anda menemukan waktu yang sesuai dengan kondisi Anda yang mungkin bekerja, atau memiliki kesibukan lainnya.