Intip Bahaya Kanker Serviks Bagi Wanita dan Mengenal Tandanya

Jika berbicara mengenai penyakit apa saja yang dapat menyerang wanita, pasti tidak pernah terlepas dari bahayanya kanker serviks . Penyakit mematikan itu memang sudah dikenal sejak lama, bahkan bukan hanya di Indonesia saja tetapi seluruh dunia. Penyakit itu menyerang bagian intim dari seorang wanita atau lebih tepatnya pada bagian leher rahim. Organ yang berbentuk seperti tabung itu sendiri mempunyai fungsi yang utama untuk menghubungkan vagina dengan bagian rahim. Jika itu bermasalah pasti akan menimbulkan dampak bahaya yang sangat merugikan bagi seorang wanita.

Berbicara mengenai kanker sebenarnya ada banyak sekali jenisnya di dunia ini, dikatakan semuanya sangat membahayakan dan bisa membunuh penderita secara perlahan. Tetapi jenis serviks memang paling banyak terjadi pada wanita-wanita di dunia. Makanya untuk menghindari hal tersebut Anda sebagai para wanita harus waspada dan selalu jaga kebersihan. Untuk lebih maksimal, Anda perlu lakukan tes kesehatan secara rutin dan mencari informasi atau pengetahuan apa saja yang ada pada sebuah penyakit tersebut.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak kasus wanita yang menjadi penderita serviks dengan beberapa penyebab. Namun pada intinya hanya satu, virus yang menyerang itu sama dan sangat diwaspadai sekali. Hal ini tidak hanya berlaku pada wanita berumur saja bahkan sejak dini sekalipun penting menjaga dan mengetahui mengenai bahaya penyakit ini. Dengan pengetahuan yang baik, pasti akan segera tanggap ketika mengetahui beberapa ciri dari penyakit tersebut seperti berikut:

1.Keluar darah dari vagina.

Gejala paling utama munculnya penyakit serviks sendiri bisa Anda indikasi melalui bercak darah yang tiba-tiba muncul dari vagina, padahal itu bukan masa Anda haid. Jika sudah terjadi seperti ini harusnya lebih khawatir. Bisa saja darah keluar saat haid atau setelah berhubungan badan, tetapi jumlah darah itu lebih besar. Ini merupakan tanda awal munculnya penyakit tersebut, makanya perlu segera periksakan.

2. Panggul sakit.

Nyeri pada bagian panggul sering Anda rasakan? Jika benar, jangan pernah remehkan masalah tersebut. Ini merupakan salah satu ciri munculnya kanker serviks yang mematikan tersebut. Umumnya nyeri ketika memasuki masa haid mungkin biasa, tetapi jika itu Anda rasakan saat berhubungan seksual dengan pasangan bisa dikatakan itu tidak normal dan perlu dicurigai.

3. Keputihan berlebih.

Sebagai seorang wanita tentu saja sangat familiar dengan permasalah keputihan pada bagian intim. Tetapi Anda perlu paham jika masing atau jenis keputihan itu ada banyak sekali, dari mulai yang normal sampai dengan bahaya mempunyai ciri sendiri. Jika Anda sudah mengalami itu secara berlebih, bahkan warna cairan sudah mengental hijau, kuning dan berbau menyengat bisa dikatakan itu merupakan tanda kanker muncul.

4. Buang air besar tidak teratur.

Tidak lancarnya pencernaan pada wanita itu bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, bahayanya itu juga bisa menjadi ciri kanker. Karena kondisi benjolan yang sudah besar secara otomatis akan menutup dan menekan bagian usus sehingga akan sulit BAB. Tetapi untuk lebih tepatnya bisa langsung konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Diatas merupakan beberapa tanda sangat umum sekali bagi para penderita kanker serviks, pengetahuan seperti ini sangat penting sekali apalagi bagi wanita. Karena pada kenyataannya masih banyak sekali perempuan yang kurang aware terhadap gejala yang muncul sehingga terlambat dan pengobatan yang harus dilakukan semakin susah. Untuk menghindari hal itu ada baiknya mengetahui beberapa hal diatas, pahami dan segera konsultasikan dokter jika ada beberapa hal yang mengganjal dari kesehatan Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *