Berita Bola Terbaru: Indonesia Juara Grup A Piala AFF U-18

Setelah ditaklukkan Malaysia dengan skor tipis 3-4 pada pertandingan Sabtu (17/8/2019) lalu, Garuda Nusantara gagal maju ke final Piala AFF U-18. Timnas berkesempatan untuk pulang sebagai juara ketiga jika menang melawan Myanmar. Pertandingan terakhir Indonesia di turnamen ini digelar pada Senin (19/8/2019) di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam. Berita bola terbaru, tim asuhan Fakhri Husaini ini berhasil mencetak lima gol ke gawang Myanmar di babak pertama.

Di menit ke-36, Beckham Putra memanfaatkan operan dari Fajar Fathur dan melesakkan gol pertama untuk Indonesia. Tak lama, di menit ke-38, berkat sodoran Sutan Zico, Supriadi melepaskan tendangan dan mengirim bola ke gawang lawan sehingga skor menjadi 2-0. Satu menit berikutnya, Supriadi kembali mencetak gol setelah memanfaatkan umpan Bagas Kaffa dari sisi kanan. Belum selesai, di menit ke-45 Beckham Putra menyumbangkan gol keempat dan Supriadi mencatatkan hat-trick di injury time. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan untuk Indonesia 5-0. Di babak kedua, Indonesia kembali tampil menekan dan nyaris menambah gol. Myanmar sendiri terlihat kesulitan. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada gol tercipta di babak ini, sehingga Indonesia resmi menyabet tempat ketiga di Piala AFF U-18 2019.

Berita Bola Terbaru: Indonesia Juara Grup A Piala AFF U-18

Sementara itu, berita bola terbaru,  Australia keluar sebagai juara pertama Piala AFF U-18 2019. Sebelumnya, Malaysia dan Australia sudah bertemu pada babak penyisihan Grup B, dimana Malaysia menang 3-0. Pada pertandingan final di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam pada Senin (19/8/2019), tim asal negara kanguru ini berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor tipis 1-0. Di babak pertama, peluang didapatkan ketika pertandingan berjalan 6 menit. Dylan Ruiz-Diaz hampir mencetak gol namun berhasil ditangkis kiper Malaysia Sikh Izhan. Malaysia juga balik mengancam lewat tembakan dari Luqman Hakim, namun masih bisa dicegah Kai Calderbank-Park. Hingga babak satu berakhir, belum ada gol tercipta. Di awal babak kedua, Australia mendapat kesempatan lewat tendangan bebas yang sayangnya masih bisa ditepis Sikh Izan.

Di menit ke-60, Malaysia hampir menembus gawang lawan lewat tembakan jarak jauh, tapi malah membentur mistar gawang. Begitu juga enam menit kemudian, Malaysia lewat Luqman Hakim melepaskan tembakan keras di kotak penalti, sayang kiper Kai James berhasil menangkalnya. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya terjadi di menit ke-79 saat pemain Australia, Lachlan Ricky Brook menggiring bola hingga kotak penalti dan melesakkan bola ke gawang Harimau Muda yang saat itu sedang tidak dijaga kiper. Hingga babak kedua berakhir tidak ada lagi gol tambahan tercipta. Australia pun keluar sebagai juara Piala AFF U-18 2019 dengan skor 1-0. Mereka kini sejajar dengan Thailand sebagai tim dengan gelar terbanyak di Piala AFF yaitu lima kali.

Berita bola terbaru, pemain Indonesia Bagus Kahfi berhasil menjadi top scorer turnamen ini dengan trehan 6 gol. Raihan yang sama dicetak oleh Dylan Ruiz-Diaz dari Australia dan striker Timor Leste, Mouzinho Barreto de Lima. Berikut klasemen akhir Top Scorer Piala AFF U-18 2019.

  • 6 Gol:

Bagus Kahfi (Indonesia)

Dylan Ruiz-Diaz (Australia)

Mouzinho Barreto de Lima (Timor Leste)

  • 5 Gol

Mochammad Supriadi (Indonesia)

  • 4 Gol

Sieng Chanthea (Kamboja)

Beckham Putra (Indonesia)

Luqman Hakim Shamsudin (Malaysia)

Carlo Guanzon Dorin (Filipina)

  • 3 Gol

Lachlan Brook (Australia)

Marco Tilio (Australia)

Aisan Aizuddin Abdullah Aiman (Brunei)

Moe Swe (Myanmar)

  • 2 Gol

Kai Trewin (Australia)

Leyton Brooks (Australia)

David Maulana (Indonesia)

Fajar Fathur Rachman (Indonesia)

Rendy Juliansyah (Indonesia)

Sutan Diego Armando Ondriano Zico (Indonesia)

Thanouthong Kietnalonglop (Laos)

Harith Haiqal Adam (Malaysia)

Muhammad Firdaus Kaironnisam (Malaysia)

Hein Htet Aung (Myanmar)

La Min Htwe (Myanmar)

Pocholo Bugas (Filipina)

Guntapon Keereeleang (Thailand)

Danilson Araujo (Timor Leste)

Nguyễn Kim Nhật (Vietnam)

Võ Nguyên Hoàng (Vietnam)

 

Dengan usainya Piala AFF U-18 2019, Timnas Indonesia U-18 direncanakan akan mengikuti Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 pada November. Fakhri mengatakan akan memanfaatkan waktu yang ada untuk mencari pemain baru, terutama pemain-pemain yang berkompetisi di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-18 2019. Untuk melihat berita bola terbaru lainnya, kunjungi https://www.bolanusantara.com/.