20 Cara Perawatan Ac Supaya Tidak Gampang Rusak

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada beberapa tahun belakangan memang pemanasan global sudah semakin parah. Lain dulu lain sekarang, kalau dulu kita masih bisa kedinginan dikala tidur di malam hari, kini malam haripun sudah mulai panas.

Khususnya kalau anda tinggal di Ibukota menyerupai Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Rasanya kita akan sulit mendapat kualitas tidur yang baik kalau setiap malam kita tidak bisa tidur nyenyak lantaran merasa kepanasan.

Oleh lantaran itu kini ini pemakaian AC sudah banyak digunakan di rumah-rumah penduduk. Dengan semakin pentingnya peranan AC di rumah kita, maka cara perawatan dan penggunaanya sangatlah kita butuhkan biar AC kita bisa awet.

Berikut ini saya beberkan 20 Tipsnya yaitu :

1. Perhatikan Ukuran PK (PaardeKracht)

Sebelum membeli AC alangkah baiknya anda pahami dahulu perihal ukuran PK.Biasanya sebelum pemasangan AC, ukuran PK harus benar-benar diperhatikan lantaran ini menyangkut ukuran besar kecilnya ruangan yang akan dipasangin AC.Jika PK ukurannya terlalu besar kemudian ditempatkan di ruangan yang ukurannya kecil, maka ruangan tersebut akan menjadi terlalu dingin.

Dan sebaliknya, apabila PK-nya terlalu kecil untuk ruangan yang besar dan luas, maka AC tidak akan terlalu bisa mendinginkan ruangan dan AC juga akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Oleh alasannya itulah, sebelum membeli AC maka pahamilah perihal ukuran ruangan dan juga PK AC yang akan anda pasang.

2. Tutup Rapat Ruangan Saat Menyalakan AC

Kita niscaya bisa membedakan kesegaran AC dikala dinyalakan baik itu saatu ruangan tertutup rapat dan ruangan terbuka jendela ataupun pintunya. Pastinya ruangan yang tertutup rapat lebih sejuk dibandingkan dengan ruangan yang pintu atau jendelanya dibuka. AC akan bekerja maksimal kalau ruangan ditutup rapat dan akan menciptakan AC tidak terlalu bekerja keras.

3. Matikan AC Saat Hendak Bepergian

Bila anda ingin AC rumah baka maka jangan lupa setiap bepergian anda mematikan AC terlebih dahulu. Tidak perduli apakah anda pergi untuk waktu yang usang ataupun sebentar. Kadang-kadang seseorang kalau sudah keluar rumah, walaupun hanya sekedar pergi ke warung maka belum tentu sepulang dari warung anda eksklusif menuju rumah.

Adakalanya anda terhenti sejenak ataupun sempat ngobrol-ngobrol dengan tetangga yang kebetulan berpapasan sehingga menciptakan anda lupa bahwa anda tadi belum mematikan AC. Oleh lantaran itu daripada anda memboroskan listrik, alangkah lebih baik kalau AC anda anda matikan sejenak.

4. Pakai Timer AC Saat Menyalakan

Pada remote AC pastinya ada tombol timer yang bisa anda manfaatkan fungsinya.Dengan tombol timer ini anda bisa menyetel waktu penggunaan AC dalam waktu tertentu. Setidaknya anda gunakan tombol timer ini disetel selama 5 jam. Tujuannya supaya AC tidak terlalu panas dan bisa istirahat sesaat untuk mendinginkan mesin.

Setiap AC mempunyai setingan masing-masing yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda, menyerupai pada pola tombol timer tadi. Oleh lantaran itu gunakanlah AC dengan bijak dan jangan berlebihan dalam menggunakannya.

5. Sebaiknya Suhu AC Disetel Sekitaran 22 Derajat Celcius Saja

Memang suhu udara di dalam rumah bisa berubah – ubah kapan saja. Kadang terasa panas dan kadang kala juga terasa dingin. Oleh alasannya itu sebaiknya dikala menyalakan AC, maka anda setel saja suhunya pada kisaran 22 derajat celcius saja.

Boleh lah sekali-kali anda memasang suhu AC dibawah 22 derajat celcius, namun ini jangan anda lakukan terus-menerus. Sebab suhu yang terlalu rendah akan menciptakan AC bekerja lebih keras dan tentunya berdampak pada mesin yang cepat panas. Disamping itu tahukah anda bahwa suhu antara 22 derajat celcius itu yaitu suhu yang pas untuk iklim di Indonesia.

6. Bersihkan AC Secara Rutin Paling Tidak 1 Bulan Sekali

AC yang setiap hari bekerja untuk anda itu tidak selamanya bersih. Ada kalanya beliau akan kotor juga. Oleh lantaran itu supaya AC anda baka dan tahan usang maka jangan malas untuk membersihkannya.

Membersihkan AC itu tidak susah kok kalau anda tahu caranya. Setidakya membersihkan AC sebulan sekali sudah cukup. Bahkan kalau kondisi AC memang benar-benar keruh, maka membersihkannya 2 bulan sekali merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi AC tetap prima.

7. Cek Freon Dalam AC

Freon yang terdapat di dalam AC perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Kebocoran freon bisa menimbulkan AC menjadi kurang dingin. Untuk mengecek kondisi freon AC anda maka anda perlu memanggil teknisi AC.

Karena dengan memanggil teknisi maka kesalahan dikala pengisian freon bisa diminimalisir. Tidak Cuma di kepingan AC saja, akan tetapi blower yang terletak di luar sebaiknyanya ikut dibersihkan juga, khususnya pada blower-blower yang ada di gedung-gedung perkantoran.

8. Tempatkan Outdor di Tempat Yang Tepat

Agar outdor baka dan tidak cepat rusak, maka penempatannya juga harus diperhatikan. Usahakan ditempatkan di kawasan yang tidak populer sinar matahari secara langsung, debu-debu dan juga dari air hujan.

Jika terdapat benda-benda yang cukup mengganggu di sekitar outdor maka cepat singkirkan. Sebab kalau tidak disingkirkan maka benda-benda tersebut bisa saja mengganggung sirkulasi udara.

Jika sudah begitu maka akan menghipnotis kondensasi sehingga menimbulkan suhu AC menjadi kurang dingin.Pada outdor terdapat dua buah pipa yaitu pipa yang berukuran besar dan pipa yang berukuran kecil.

Jika pada pipa kecil terdapat bunga es / fros, maka itu memperlihatkan freon perlu ditambah. Untuk menambahkan freon lagi-lagi anda harus memanggil teknisi AC, alasannya tukang AC niscaya sudah paham betul cara mengisi freon.

9. Ruangan Harus Di-Insulasi Dengan Baik

Jika anda bertanya apa sih penyebab AC tidak bisa dingin, maka balasan yang tepat yaitu ada banyak faktor yang menjadi alasannya AC tidak dingin. Diantara faktor-faktor penyebabnya menyerupai terlalu banyak bukaan jendela, penempatan indoor yang salah, terlalu dekatnya jarak antara indoor dan outdoor dan lain-lain.

Disamping itu, kalau suhu sasaran yang diinginkan perbedaannya terlalu besar dibandingkan dengan suhu yang diluar maka otomatis kerja AC akan semakin berat. Terlebih-lebih kalau insulasi kamar anda tidak bagus.

10. Mengecek Filter Udara Pada Unit Indoor

Filter dijadikan embel-embel pada komponen AC dikarenakan fungsi dari AC yaitu untuk menawarkan udara yang sejuk dan sehat bagi pernapasan manusia. Ada dua fungsi dari filter udara yaitu :

Pertama, yaitu untuk menjaga supaya sirip-sirip coil pada unit indoor tidak praktis kotor.
Kedua, yaitu untuk menjadikan hembusan udara yang dihasilkan tidak mengandung bubuk alias bebas dari debu.

Bahan-bahan khusus yang terdapat pada filter udara mempunyai kemampuan untuk mengikat partikel-partikel debu, serbuk, bulu binatang, bakteri, asap rokok dan lain sebagainya.

Dalam jangka waktu yang usang partikel-partikel kotoran yang tersaring dalam filter udara akan terkumpul dan menimbulkan terganggunya fatwa udara pada fan blower. Hal ini tentunya akan menciptakan kapasitas pendingin akan turun.

Karena membersihkan filter tergolong praktis maka anda bisa melakukannya sendiri. Lakukan pencucian filter udara ini setiap satu bulan sekali. Jika filter udara rusak maka anda harus menggantikannya dengan yang baru. Pemasangan dan pelepasan filter umumnya sanggup dilakukan dengan praktis yaitu dengan cara slide-in dan slide out.

11. Periksa Tekanan Arus Kompresor dan Refrigan

Adanya kebocoran merupakan indikasi dari adanya tekanan yang berkurang. Setelah unit digunakan selama setahun atau beberapa bulan kemudian diketahui ada tekanan yang berkurang, maka hal itu memperlihatkan bahwa sudah sudah terdapat kebocoran walaupun hanya berupa kebocoran yang sangat kecil.

Pemeriksaan yang telit diharapkan untuk bisa mencari sumber kebocoran yang menyerupai ini. Sedangkan arus kompresor yang terlalu over mengindikasikan terjadinya refrigran over charge.

12. Periksa Kemungkinan-Kemungkinan Kebocoran

Pemeriksaan kemungkinan kebocoran ini bisa anda lakukan setiap 6 bulan sekali. Kalau merasa 6 bulan terlalu cepat maka bisa juga dilakukan pengecekan setiap satu tahun sekali. Biasanya yang paling nampak terdapat kebocoran yaitu pada kepingan perpipaan.

Untuk perpipaan anda bisa melaksanakan periksaan apakah pipa terdapat rembesan ataupun tetasan oli. Jika sehabis diperiksa terdapat hal tersebut, maka sudah sanggup dipastikan bahwa terdapat kebocoran kecil disana.

13. Lakukan Pencucian Sirip-Sirip Coil Evaporator dan Kondensor

Untuk memperluas kontak antara coil dengan udara maka inilah kiprah dari sirip-sirip pada koild evaporator dan juga kondensor. Kerusakan yang terjadi pada sirip-sirip ini, menyerupai bengkok, maka hal ini bisa menghambat pengaliran udara.

Untuk memperbaiki sirip-sirip yang sudah bengkok maka anda bisa memakai sisir yang khusus. Permukaan sirip-sirip coil lama-kelamaan akan terakumulasi oleh bubuk dan juga kerak. Hal ini kalau dibiarkan tentunya kontak antara sirip-sirip dengan udara akan terhambat dan tentunya akan menimbulkan kapasitas pendingin menjadi turun.

Oleh alasannya itu membersihkan kondensor maupun sirip-sirip coil evapolator merupakan suatu keharusan yang mesti dilakukan setidaknya setiap setahun sekali. Namun perlu diingat bahwa untuk membersihkannya diharapkan keahlian khusus dari dari orang yang memang sudah terlatih dalam melakukannya.

Sirip-sirip yang terdapat pada AC khususnya kepingan outdoor semakin usang akan terjadi korosi yang bisa mengakibatkan kontak dengan udara jadi kurang bagus. Jika dibandingkan dengan sirip aluminium biasa, maka sirip yang berbahan khusus menyerupai Blue-fin ternyata mempunyai keunggulan yaitu lebih tahan usang terhadap korosi.

14. Memeriksa Aliran Udara Pada Unit Indoor

Kecepatan pada fan blower indoor bisa menimbulkan berkurangnya kapasitas pendingin. Coba cek di kepingan bearing, barangkali telah kocak ataupun aus. Suara-suara berisik akan timbul apabila bearing dan as motor fan blower telah kering, oleh karenanya supaya tidak timbul bunyi noise maka lumasilah dengan sedikit minyak pelumas.

15. Periksa Bagian Saluran Pembuangan Air dan Leveling Unit Indoor

Dari beberapa kasus, kadang kala ada kebocoran ataupun kebuntuan di kepingan akses pembuangan air.Untuk mengeceknya, lakukan pengisian dengan satu gelas air memakai penadah air atau corong pada unit indoor. Periksalah dudukan indoor apakah terjadi kemiringan ataupun kendor.

15. Periksa Bagian Outdoor

Pada baling-baling outdoor, periksalah apakah bisa berputar dengan lancar.Kalau perlu berikanlah minyak biar bisa berputar. Aliran udara pada unit outdoor yang lemah akan menimbulkan pembuangan panas menjadi tidak sempurna. Hal ini menimbulkan temperatur kondensor menjadi naik dan juga tekanan refrigan ikut naik serta akan menurunkan kapasitas pendingin.

Ini juga akan menimbulkan kinerja kompressor bertambah berat sehingga tak heran kalau nantinya umur dari kompressor tidak akan lama. Periksalah apakah ada kekendoran pada konektor-konektor kabel listrik. Cek pada dudukan unit outdoor, barangkali ada skrup yang kendor serta dudukan tidak miring.

16. Jagalah Kebersihan Sekitar Lingkungan Unit Outdoor

Lingkungan di sekitar cukup besar lengan berkuasa pada unit outdoor. Supaya proses pembuangan panas yang dihasilkan oleh outdoor senantiasa tepat dan terjaga, maka anda harus selalu merawat lingkungan sekitar unit outdoor biar senantiasa terpelihara.

Berbagai macam kotoran yang bisa mengganggu contohnya debu, sampah, dedaunan pohon dan banyak sekali macam lainnya perlu dibersihkan. Tidak sedikit dari daun-daun pohon yang bisa mengganggu dan menghambat sirkulasi udara.

17. Pemasangan AC Sebaiknya Diserahkan Pada Tukang Pasang AC yang Sudah Berpengalaman

Untuk menghindari kesalahan pada penempatan AC, maka dikala pertama kali membeli maka serahkanlah pemasarangannya pada tukang pasang AC yang sudah berpengalaman.

Mintalah pada tukang pasang untuk menempatkan kepingan outdoornya berada di kawasan yang teduh, ini bertujuan biar AC anda awet. Pastikan juga outdoor juga tidak terpapar sinar matahari secara langsung, hindarkan dari cipratan air hujan, dan usahakan tidak praktis kena debu.

18. Jangan Cuma Mengandalkan AC Untuk Menyegarkan Ruangan, Tapi Perhatikan Juga Hal-Hal Lain Yang Bisa Membantu AC Bekerja Maksimal

Kadang-kadang ketika kita menyalakan AC walaupun sudah disetel hingga dengan suhu 18 derajat celcius, ehhh ternyata tidak cuek juga. Apa sebabnya? Jika hal ini terjadi, maka jangan terburu-buru menyalahkan AC.

Cek dulu sekitar ruangan, apakah memang ruangan sudah tertutup semua. Atau bisa jadi juga lantaran udara diluar rumah memang sedang panas-panasnya. Bahkan ada beberapa masalah yang sama diakibatkan lantaran penempatan yang salah baik itu indoor maupun outdoor.

Perhatikan apakah indoor sudah sesuai dengan besar kecilnya ruangan. Kalau ruangan terlalu besar memakai AC yang Pknya kecil maka kemungkinan besar ruangan tidak akan cuek secara maksimal.

19. Atur Penggunaan AC Sesuai Kebutuhan

Kinerja AC harus senantiasa diatur penggunaannya. Di pagi hari dikala udara sejuk datang, ada baiknya anda matikan terlebih dahulu AC anda. Nikmatilah udara alami yang ada dan biarkan udara masuk dari jendela atau pintu rumah anda.

Saat siang hari, dikala anda mulai membutuhkan penyejuk, barulah anda bisa memakai AC anda untuk menyejukkan ruangan. Tapi jangan lupa untuk menutup semua jendela dan pintu anda biar pendingin ruangan anda bisa bekerja dengan maksimal.

Sedangkan pada malam hari, kalau udara sudah cuek maka anda tidak perlu lagi memakai AC anda. Jika hal-hal yang sudah disebutkan diatas bisa anda terapkan, maka otomatis AC anda akan baka dan tahan lama.

20. Rawat Remote Control

Tips terakhir yaitu merawat remote control. Peran remote control sangatlah penting. Karena disitu terdapat fitur-fitur penting yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Simpan ditempat yang praktis dijangkau dan tidak terlalu jauh dari AC anda.

Agar ketika hendak digunakan anda tidak pusing-pusing lagi mencarinya. Jangan menyimpan remote di tempat-tempat yang rawan sehingga menimbulkan remote praktis terjatuh, terinjak maupun terduduki. Karena kalau ketiga masalah diatas hingga terjadi maka anda sendiri yang akan repot.

 

Begitulah Beberapa Cara untuk merawat AC agar tetap dingin tahan lama, dan bisa dipakai untuk anak cucu kita kedepannya, semoga cara diatas bisa dipakai dan di praktikkan karena itu sangat berguna untuk menghemat pengeluaran yang tidak terduga.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *