12 Macam Obat Masuk Angin

Datangnya demam isu penghujang telah mengakibatkan banyak orang praktis terjangkit aneka macam penyakit, menyerupai pilek, batuk, flu hingga masuk angin. Walaupun terdengar sepele, ternyata penyakit yang satu ini tidak bisa dibilang remeh, alasannya ialah sudah banyak perkara yang terjadi bahwa masuk angin sanggup mengakibatkan kematian.

Oleh lantaran itu, alangkah baiknya kalau anda mengalami masuk angin segeralah mencari obat untuk menyembuhkannya. Umumnya tanda-tanda masuk angin disebabkan lantaran udara dingin, bergadang terlalu larut, tidur yang kurang, terlalu banyak lembur, kehujanan, dan juga tidak terjaganya contoh makan dengan baik. Masuk angin paling sering melanda di waktu demam isu penghujan ataupun pancaroba. Orang-orang di Indonesia biasanya melaksanakan kerokan ketika terjangkit tanda-tanda masuk angin. Gejala-Gejala Terserang Masuk Angin.

12 Macam Obat Masuk Angin
Biarpun istilah atau sebutan masuk angin ini sebenarnya sudah ada di Indonesia secara turun menurun, namun ternyata di dunia medis istilah ini tidaklah digunakan. Untuk mengetahui apakah sedang masuk angin, bisa dilihat dari gejala-gejala yang timbul menyerupai berubahnya suhu tubuh yaitu kedinginan, tubuh terasa kurang enak, meriang, kepala terasa sakit, nyeri otot, nafsu makan hilang, dan lelah pada tubuh.

Disamping itu juga ada tanda-tanda lain yang bisa mengindikasikan masuk angin antara lain demam, perut terasa kembung, sakit perut, seringnya bersendawa, buang angin tercium sangat bau, diare serta tubuh terasa pegal-pegal. Bila gejala-gejala yang disebutkan tadi sudah menyerang, maka sebaiknya anda segera mengatasinya dan jangan ditunda – tunda lagi.

12 Macam Obat Masuk Angin :

Untuk menghilangkan masuk angin tidak melulu meski memimum obat-obatan. Disini anda akan diberikan tips bagaimanakah caranya menghilangkan masuk angin secara alami.Di Indonesia terdapat banyak sekali obat masuk angin alami yang sudah terbukti ampuh. Untuk bisa menyembuhkan masuk angin, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kau pakai, antara lain :

1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak yang satu ini niscaya sudah anda kenal. Ya, minyak kayu putih namanya, minyak yang mempunyai aroma terapis yang sangat menyejukkan, cocok sekali bila digunakan untuk melegakan hidung yang tersumbat. Disamping itu, perlu diketahui bahwa sensasi hangat yang keluar dari minyak kayu putih ternyata cukup ampuh untuk mengobati perut kembung lantaran masuk angin.

Anda bisa mengatasi masuk angin dengan cara mengoles minyak kayu putih dengan rata pada potongan leher, perut, leher potongan belakang, kening serta potongan lainnya.Ingat juta untuk menawarkan sedikit pijatan yang lembut kurang lebih selama 5 menit supaya minyak yang dioleskan bisa meresap.

2. Bawang Putih dan Bawang Merah

Selain minyak kayu putih, ada obat tradisional khusus buat bawah umur yaitu Bawang Merah. Anda tinggal mengoleskan saja secara merata bawang merah yang sudah dihaluskan ke potongan perut, leher dan dada anak anda. Siapa menyangka ternyata bawang merah bisa mengeluarkan angin yang berlebih di dalam tubuh, bisa memperlancar peredaran darah, dan bisa menawarkan kehangatan di badan.

Sedangkan bagi anda yang usianya sudah menginjak remaja atau remaja, maka pakailah bawang putih untuk mengobati masuk angin. Lain halnya dengan bawang merah, bawang putih di dalamnya terkandung senyawa alicin lebih tinggi yang mempunyai fungsi layaknya antibiotik dan antioksidan alami. Caranya mudah, bisa eksklusif dimakan ataupun dicampurkan di dalam masakan.

3. Jahe

Selanjutnya obat tradisional yang ampuh menghilangkan masuk angin ialah jahe. Kita bersama sudah tahu, sebenarnya jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah tradisional yang bisa membantu mengatasi perut kembung, menghangatkan badan, serta melancarkan sirkulasi darah. Ini yang menjadi alasan kenapa jahe banyak dikonsumsi di negara-negara yang berudara dingin, terutama bagi mereka-mereka yang menghindari minum alkohol.

Menggunakan jahe untuk mengatasi masuk angin caranya cukup mudah. Anda tinggal memarut jahe secukupnya kemudian direbus dengan air yang mendidih kemudian saringlah. Tambahkan sedikit perasan lemon dan gula kerikil semoga wedang jahe tidak terlalu pedas. Agar meminum wedang jahe terasa nikmat, anda bisa meminum wedang jahe disertai dengan pisang rebus atau yang lainnya.

4. Rebusan Air Daun Pepaya

Sebenarnya cara ampuh untuk mengatasi problem masuk angin, anda bisa menggunakan rebusan daun pepaya. Akan tetapi, lantaran rasanya yang pahit maka obat tradisional ini banyak dihindari oleh banyak orang. Bagi yang tidak tahan dengan rasanya yang pahit, anda bisa mengkonsumsinya dengan cara daun pepaya ditumis, walaupun cara ini khasiatnya tidak sebagus apabila direbus.

Untuk menggunakan daun pepaya sebagai obat masuk angin ialah dengan menyiapkan 4 hingga 5 lembar daun pepaya di dalam air 1 liter kemudian rebuslah. Saat direbus biarkan hingga air rebusan tadi tersisa setengah, kemudian disaring dan minumlah air rebusan tadi selagi masih hangat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya serta antibiotik yang tinggi di dalam daun pepaya sangatlah efektif untuk mempertahankan dan menjaga sistem imun tubuh supaya tidak praktis sakit.

5. Madu dan Teh Lemon

Anda tidak suka pahit? Anda bisa menggunakan madu ataupun teh lemon untuk mengobati masuk angin, lantaran mempunyai rasa yagn cukup memanjakan lidah. Nutrisi yang lengkap yang terdapat di dalam madu bisa meningkatkan sistem imun dan bisa meregenerasi sel-sel tubuh. Untuk lemon sendiri, populer lantaran kandungan vitamin C nya yang sanggup membantu meningkatkan sirkulasi darah, stamina tubuh dan mencerahkan kulit wajah.

Campurkan madu dan lemon yang sudah diperas ke dalam segelas teh hangat, aduklah dan minumlah sebelum tidur. Jika diminum secara rutin, maka khasiatnyanya akan lebih jago lagi lantaran tubuh akan terasa segar di pagi harinya dan tentu saja masuk angin akan menjauh.

6. Berkumur Menggunakan Garam dan Baking Soda Untuk

Di negeri sakura (Jepang), para ibu kebanyakan memerintahkan anak-anaknya setelah pulang bermain dan bersekolah untuk berkumur. Setelah diselidiki, kebiasaan berkumur ini ternyata efektif sekali untuk membasmi kuman dan basil yang ada di dalam kerongkongan, mulut, dan tempat sekitarnya. Caranya ialah dengan menyediakan garam, baking soda dan air hangat.

Setelah terkumpul semua, kemudian campurkan seluruh bahan-bahan tadi dan diusahakan semoga jangan terlalu encer. Pakailah untuk berkumur dengan posisi kepala menghadap ke arah atas. Lakukan ini selama 15 menit dan buang airnya sesudahnya. Perlu diketahui bahwa berkumur selain bisa menghilangkan masuk angin, berkumur menggunakan garam ternyata juga sanggup meredakan sakit gigi dan menghilangkan bacin mulut.

7. Ubi Merah

Di dalam masyarakat modern menyerupai kini ini, konsumi ubi merah sudah sangat jarang. Padahal sebenarnya ubi merah mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat yang bisa dimanfaatkan dari ubi merah ialah bisa untuk mengatasi masuk angin di ketika demam isu penghujan tiba. Supaya khasiatnya lebih lengkap, tambahkanlah jahe, merica, cengkeh, kapulaga, kayu manis dan banyak lagi.

Mengobati masuk angin dengan ubi merah caranya ialah sebagai berikut : Pertama tama kupaslah dan cucilah satu buah ubi merah. Rebuslah dan tambahkan bahan-bahan lain menyerupai 8 butir kapulaga, jahe merah, 8 butir merica, 4 butir cengkeh, gula merah, ditambah abu kayu manis secukupnya. Setelah sekian menit dan air sudah mendidih, saringnglah airnya. Minum air rebusan tadi mumpung masih hangat.

8. Sub Ayam Yang Panas

Disamping rasanya yang enak, ternyata sub ayam ampuh juga untuk mengobati masuk angin yang disebabkan oleh rasa dingin. Pada umumnya disaat masuk angin melanda, maka pengecap jadi terasa pahit disaat ingin memakan makanan semacam nasi dan roti. Pada ketika itulah waktu yang sempurna untuk mengkonsumsi sub ayam yang nikmat dan gurih.

Supaya khasiatnya lebih baik, maka bisa saja anda tambah dengan lada ataupun sambal. Tambahan ini akan bisa mengakibatkan tubuh berkeringat dan pada akhirnya masuk anginpun pelan-pelan akan hilang. Sesudah kenyang, maka anda bisa tidur dengan nyenyak dan istirahat seharian.

9.  Makanan Yang Mengandung Vitamin C

Saat tubuh terjangkit masuk angin, maka tubuh akan mencicipi tidak enak, perut mual dan lemas pada tubuh. Di ketika kondisi ini terjadi, vitamin C sangat penting untuk dikonsumsi semoga stamina tubuh meningkat. Anda bisa memperoleh khasiat vitamin C di dalam pelengkap yang biasanya dijual di apotik-apotik terdekat.

Namun bagi anda yang tidak mempunyai cukup biaya lebih, anda bisa mengkonsumsi lemon, jambu biji, kiwi, jeruk dan lain-lain. Buah-buahan tersebut kalau bisa dikonsumsi secara rutin, maka dijamin kondisi kesehatan akan membaik dari waktu ke waktu.

10. Kerokan

Kerokan ialah cara tradisional masyarakat Indonesia pada umumnya untuk mengatasi problem masuk angin. Cara ini dilakukan dengan mengerokkan koin pada kulit yang sudah dioleskan minyak kayu putih atau balsem hingga kulit berubah berwarna kemerahan. Jika ditinjau secara medis, ternyata kerokan betul bisa mengatasi problem masuk angin.

Alasannya, ketika tubuh dikerok, maka tubuh akan menghasilkan zat alami thiamin yang berkhasiat sekali untuk mengurangi rasa sakit. Umumnya kerokan ini diterapkan di potongan punggung, perut, dada dan leher. Namun perlu diingat bahwa dalam melaksanakan kerokan haruslah pelan-pelan. Karena kalau terlalu keras dalam menekan maka jadinya bisa fatal yaitu pecahnya atau putusnya pembuluh darah. Khususnya pada potongan leher sebaiknya perlu kewaspadaan lebih ketika dikerok.

11. Perbanyak Istirahat dan Kurangilah Aktivitas Fisik

Kurang istirahat, bergadang, lembur terlalu malam dan aktivitas-aktivitas fisik lainnya bisa memicu munculnya masuk angin. Alangkah lebih baik kalau mulai dari kini anda memperbanyak tidur dan istirahat. Lengkapilah ketika tidur dengan menggunakan jaket, sweater, epilog kepala dan lain-lain supaya tubuh anda hangat. Waktu tidur yang mencukupi idealnya ialah 8 jam, kalau kurang dari itu tidak baik dan kalau lebihpun juga tidak baik.

12. Hidarilah Terlalu Sering Minum Air Dingin

Meminum air hambar ketika anda terjangkit masuk angin akan memperparah kondisi anda. Walaupun sebenarnya minum air hambar itu menyehatkan. Oleh lantaran itu, alangkah baiknya anda menghindari minuman hambar ketika anda terjangkit masuk angin. Untuk penggantinya, anda bisa banyak-banyak mengkonsumsi wedang jahe yang hangat ataupun teh hangat serta air putih hangat sebanyak-banyaknya. Bila tubuh memperoleh cairan yang cukup, maka dipastikan sistem imun pun akan mengalami peningkatan.

Obat yang cukup mudah kita temukan di rumah, dan jangan lupa sakit berlanjut hubungi dokter, karena dokter adalah tempat ilmu obat-obatan yang baik jangan sampai mengindahkannya. minimal periksakan diri untuk mengetahui penyakit asli yang ada di diri.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *